Posmetro Batam Edisi:
Oleh
Fokus Berita:

Nagoya Hill Terbakar, Satu Tewas di Kolong Meja



Kebakaran melanda kawasan perbelanjaan Nagoya Hill, Batam. Tepatnya di Kantor Gerai Hallo Telkomsel yang berada di Kompleks Blok O. Diduga api berasal dari ruangan lantai 2 yang merupakan ruangan  PT Golden Communication,  mitra Telkomsel Batam.

Kebakaran itu diawali dengan suara pecahnya kaca lantai dua. Pecahnya kaca jendela depan itu, diikuti dengan jilatan api yang langsung membesar dari dalam ruangan tersebut.

Bunyi ledakan dari lantai dua terus mengiringi kobaran kebakaran yang diperkirakan terjadi pukul 12.39 WIB. “Suara ledakan di lantai dua, trus kaca pecah” ujar  aksi di lapangan.

Ratusan warga yang tengah memadati pusat perbelanjaan Nagoya Hill itu langsung keluar dari kompleks perbelanjaan.

Munculnya api dari lantai dua membuat ratusan orang panik dan berusaha menyelamatkan diri. Api tidak hanya menjilati lantai dua saja. Api langsung menjalar ke lantai 3 hingga tak dapat dihindari juga melalap lantai atas tersebut.

Ledakan berikutnya terdengar kencang. Ledakan itu makin membuat warga panik karena sampai memecahkan kaca. Material yang tengah terbakar itu pun terbang berserakan, mengenai mobil yang parkir di depan pusat perbelanjaan itu.  Parahnya pecahan dari material yang terbakar itu tidak hanya  mengenai sebuah mobil saja, tapi dua mobil lainnya juga terbakar. Yakni dua unit Toyota
Avanza dan satu unit Innova. Api membakar tiga mobil itu sampai gosong.

“Dua pegawai terjebak di dalam, tapi sudah berhasil dievakuasi,” ujar Gunadi kepala pemadam Kebakaran BP Batam.

Kabar terakhir, ditemukan seorang pria tewas di kolong meja lantai 3. “Ada informasi satu lagi karyawan PT Golden Communication yang belum ditemukan, kami melakukan penelusuran,” kata Aris.

Saat itulah ditemukan seorang pria diketahui tewas di kolong meja akibat kehabisan nafas.(tjo)

Lompat Jendela
Kebakaran di gerai PT Golden Communication di Nagoya Hill, yang merupakan mitra Telkomsel, menurut Kapolsek Lubukbaja Kompol Aris Rusdiyanto dimulai dengan adanya ledakan dari lantai dua. Api langsung membara dan memecahkan kaca jendela.
“Api muncul dari lantai dua, disusul ledakan,” kata Aris. Ledakan itu diduga lantaran bara api yang ada dilantai 2 itu mengeluarkan hawa panas sehingga tekanannya menguat hingga terjadi ledakan.
Soal korban jiwa, sampai sore kamarin, Aris mengatakan tidak ada korban jiwa satupun. Hanya ada dua pegawai yang terjebak dalam lingkaran api di lantai 2. “Sudah bisa dievakuasi dan dibawa ke rumahsakit,” ujar Aris.
Ada tiga kendaraan yang hangus terbakar. “Kerugian belum ada laporan,” kata aris.
Aksi penyelamatan terhadap dua pegawai kantor yang terbakar tersebut juga terjadi dimana seorang pegawai perempuan yang ada di lantai 2 nekat keluar jendela depan. Beruntung dari jendela di sebelah, ada warga lainnya yang mencobba meraih tubuih cewek itu. “Ya cewek itu keluar dari jendela dan yang lainnya mencoba meraih tangan si cewek.” kata udin.
Penyelamatan heroik itu berhasil dilakukan saat kaki wanita itu berpijak di sebuah penopang di lantai 2. Setelah dipegang tangannya, cewek itu berhasil melangkah ke ruko di samping.  Hingga sore api sudah bisa dipadamkan.

Mobil Akan Diganti
Pukul 15.00 WIB, kondisi di sekitar Nagoya Hill kembali normal. Sampai dengan sore kemarin, penyebab sedang dalam penyelidikan kepolisian.
Aris, Manajer Operasional Nagoya Hill menjelaskan,  gedung tersebut milik Golden Communication secara pribadi.
“Sebagai  pengelola antisipasi awal yaitu evakuasi, pemadaman dan menghubungi pihak terkait,” kata Aris.
Soal kebakaran  mobil  masih akan dilakukan pengecekan kepada pemilik. ”Akan diganti sesuai dengan asuransinya,” kata Aris lagi. Meski sempat ditutup sejenak, namun saat ini Mall Nagoya Hilll sudah buka lagi karena gedung yang terbakar tidak langsung berhubungan dengan mall.(tjo)

Print Friendly
Berita Terkait ""
Powered By Izulthea | Mulai online 03/02/2013 | Posmetro Batam tidak bertanggungjawab atas isi dari situs internet pihak luar