Hukum Aqiqah 7 Kambing diganti 1 Sapi

Assalamu alaikum Wr. Wb
Pak Ustad mau tanya soal aqiqah boleh ngak aqiqah di ganti sapi, (seperti Qurban  1 Sapi = 7 kambing) misal ada satu keluarga tujuh oarng anggota mau aqiqah bareng-bareng, mohon penjelasan dari pak ustad
Sri Hertanto

Wassalamu alaikum Wr. Wb
Terjadi perbedaan pendapat para ulama terkait aqiqah dengan sapi:

Pendapat pertama, membolehkan mengganti 7 ekor kambing dengan 1 ekor unta, karena memang dianalogikan dengan ibadah qurban, apalagi nabi bersabda, “bersama bayi itu ada aqiqahnya, maka sembelihlah hewan, dan hilangkan gangguan darinya.” (HR. Bukhari, Tirmidzi, Ibnu Majah dan Ahmad). Dalam hadits tersebut nabi tidak menyebut kambing, tetapi hewan secara umum, itu artinya boleh dengan hewan selain kambing.

Pendapat kedua, tidak membolehkan aqiqah dengan sapi, sebab dari semua hadits yang menyuruh aqiqah nabi tidak pernah menyebut jenis hewan yang lain, kecuali kambing. Rasulullah bersabda, “untuk anak laki-laki 2 ekor kambing yang sepadan, dan untuk anak perempuan satu ekor kambing.” (HR. Ahmad, Abu Dawud, Tirmidzi, an-Nasa’i dan Ibnu Majah, Syaikh al-Albani menilai haditsnya shahih).
Lagi pula, aqiqah adalah ibadah yang tidak sama dengan qurban, sebab aqiqah disyariatkan sekali seumur hidup (dalam rangka kelahiran), sementara qurban ibadah yang sifatnya tahunan (setiap bulan Dzulhijjah saja), oleh karena itu hewan aqiqah tidak bisa diqiyaskan (dianalogikan) dengan hewan qurban (boleh kambing, sapi, atau unta).

Pendapat kedua (yang tidak membolehkan diganti dengan sapi) lebih kuat dibanding pendapat pertama, berdasarkan riwayat penolakan Aisyah atas aqiqah dengan unta, berdasarkan riwayat dari Ibnu Abi Mulaikah, ia mengatakan, “telah lahir anak Abdurrahman bin Abu Bakar, lalu disampaikan kepada Aisyah, ‘wahai Ummul mukminin, telah disembelih aqiqah seekor unta karena kelahirannya, Aisyah menjawab, ‘ma’adzallah (aku berlindung pada Allah), sesungguhnya yang dikatakan nabi adalah 2 ekor kambing yang sepadan.” (HR. at-Thahawi dan Baihaqi, haditsnya hasan).
Wa’alaikumussalam..

Wallahu A’lam bish-shaawab.

#

Print Friendly
Pos Metro Batam adalah sebuah surat kabar harian yang terbit di Kepulauan Riau, Indonesia. Surat kabar ini termasuk dalam grup Jawa Pos. Kantor pusatnya terletak di kota Batam. Koran ini pertama kali terbit tahun 2000.