Posmetro Batam Edisi:
Oleh
Fokus Berita:

Istri Selingkuh, Tapi Suami Tak Mau Cerai, Bagaimana Hukumnya?



Assalamu,alaikum  wrb .pak  saya mau  tanyak  ?saya  dulu  nikah  sirri  sm  suami  saya  pak  .. tp  setelah  menginjak  sembilan  taun  saya  selingkuh  sm laki2 lain  tp  suami  saya  tk  mau  pisah sm  saya  pak.apakah  saya  bisa berhubungan  intim  lg  sm  suami  saya pak.  saya  mohon  penjellesan  bpk  . Wsslm . Indah
081364074xxx

Wa’alaikumussalam Wr Wb.
Pertama, perselingkuhan itu hukumnya haram, ibu harus menyadari itu kemudian segeralah berhenti dan bertaubat dari perselingkuhan, dan Allah Maha Pemberi ampunan.

Tanda taubat itu 3: anda menyesali perselingkuhan itu, anda berhenti dari aktivitas perselingkuhan (via SMS, telponan, ketemuan dan lain-lain), pokoknya putus total sama pasangan selingkuhan anda, dan anda bertekad kuat tidak akan mengulangi perselingkuhan tersebut, kalau 3 hal ini anda lakukan maka anda sudah bertaubat dengan taubat nashuha. Rasulullah bersabda, “Sesungguhnya Allah menerima taubatnya seorang hamba selama rohnya belum sampai di kerongkongannya – yakni ketika akan meninggal dunia.” (HR. Tirmidzi, haditsnya hasan).
Kedua, karena suami anda tidak menceraikan, maka anda tetap istrinya yang sah, dan karena itulah anda mendapatkan pahala kalau berhubungan intim dengan suami anda yang sah, Rasulullah bersabda, “dalam kemaluan ada sedekah.” Sahabat bertanya, “ya Rasulullah, apakah kita akan mendapat pahala ketika berhubungan intim dengan istri kita?” Beliau menjawab, “bukankah jika kalian menyalurkan nafsu kalian dijalan yang haram akan berdosa? Maka begitu juga sebaliknya bila disalurkan dijalan yang halal, kalian akan berpahala.” (HR. Bukhari).
Tetapi sebaliknya, kalau anda berselingkuh, maka hubungan intim yang anda lakukan dengan bukan suami sah anda, akan menjadi dosa besar, Allah berfirman, “Dan janganlah kamu mendekati zina; Sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji, dan suatu jalan yang buruk.” (QS. Al-Isra’ : 32). Dan andaipun anda tidak berhubungan intim, tetapi hanya sekedar bermesraan dan ciuman, tetap saja berdosa. Rasulullah bersabda, “barangsiapa yang beriman kepada Allah dan Hari Akhir, janganlah ia berdua-duaan dengan wanita (bukan mahramnya), tanpa disertai mahramnya, sebab yang ketiga adalah setan.” (HR. Bukhari dan Muslim).
Wallahu A’lam bish Shawab

Print Friendly
Berita Terkait ""
Mulai online 03/02/2013