Info CPNS 2013 Kepri: Dibuka Lowongan CPNS Lingga, Natuna Dan Anambas

Update 17/09/2013
Pengumuman Resmi CPNS Anambas 2013

ANAMBAS, METRO: Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas berencana akan merekrut sejumlah Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada tahun 2013 ini untuk memenuhi kebutuhan di pemerintahan. Jumlah kuota CPNS yang akan diterima sebanyak 220 orang. Demikian dikatakan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Anambas, Iip Ilham Firman.

“Kuota Penerimaan CPNS Anambas tahun 2013 yang disetujui oleh Pusat sebanyak 220 orang. Dengan rincian, formasi guru sebesar 55 persen, formasi medis sebesar 35 persen dan formasi teknis sebesar 10 persen. Selain Anambas, Kabupaten Lingga dan Natuna juga merekrut CPNS tahun ini,”kata Iip kepada media belum lama ini.

Meski mendapatkan kuota sebanyak itu dari pusat, Iip merasa apa yang diamanatkan masih ada beberapa formasi melengceng dari harapan. Misalnya, Anambas sangat membutuhan tenaga teknis yang cukup banyak,  namun malah hanya diberikan jatah sebesar 10 persen. Untuk itu ia berencana akan melobi pusat untuk menaikkan kuota teknis dari 10 persen menjadi 40 persen.

“Anambas sangat kekurangan tenaga teknis terutama teknik sipil, teknik pertambangan, sarjana perikanan hingga IT untuk ditempatkan di sejumlah dinas seperti Dinas Pekerjaan Umum (PU), ESDM dan lain sebagainya. Sebab saat ini, banyak paket pekerjaan yang hanya ditangani oleh segelintir orang, untuk itu  kalau bisa minimal 40 persen tenaga teknis yang dibuka,” harapnya.

Selain kebutuhan tenaga teknis yang mendesak, Anambas juga masih membutuhkan tenaga medis,  diluar tenaga perawat dan bidan. Seperti tenaga dokter umum, dokter spesialis dan tenaga radiograp. Untuk itu ia berharap, pemerintah pusat mau mempertimbangkan kembali formasi yang telah disetujui tersebut.

“Dalam perekrutan CPNS nanti, daerah hanya berperan sebagai pelaksana, mulai dari menggandakan dan mendistribusikan soal. Sementara untuk ujian akan diselenggarakan langsung oleh Badan Kepegawaian Nasional (BKN), dan yang membuat soal serta memeriksa merupakan pusat. Untuk informasi lebih lanjut, mungkin sekitar bulan September mendatang akan kita umumkan,” jelas Iip. Berdasarkan hasil pendataan kebutuhan pegawai, Anambas membutuhkan sebanyak 1.800 PNS.

Saat ini, Anambas baru memiliki 1.700 orang PNS. Meski pada tahun ini baru disetujui ratusan CPNS, tapi ia berharap pada tahun selanjutnya dapat meningkat. “Agar roda pemerintahan berjalan sesuai program, jumlah ideal sebuah kabupaten minimal harus memiliki sebanyak 3.500 PNS,” tutupnya.(yes)

Pos Metro Batam adalah sebuah surat kabar harian yang terbit di Kepulauan Riau, Indonesia. Surat kabar ini termasuk dalam grup Jawa Pos. Kantor pusatnya terletak di kota Batam. Koran ini pertama kali terbit tahun 2000.