Siapa Calon Kapolri

  • rmol

Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) memastikan tugasnya sudah selesai dalam proses rekomendasi nama-nama calon Kepala Kepolisian Indonesia pengganti Jenderal Timur Pradopo. Hingga kini, nama-nama tersebut sudah berada di tangan Menko Polhukam, Djoko Suyanto, selaku Ketua Kompolnas.

“Kami sudah serahkan nama-nama ke Menko Polhukam sebagi Ketua Kompolnas. Kami sendiri juga belum tahu apakah nama itu sudah diserahkan kepada presiden,” jelas anggota Kompolnas, Edi Hasibuan, saat dikonfirmasi Rakyat Merdeka Online, Sabtu (31/8).

Belum ada kepastian kapan tepatnya pergantian Kapolri akan dilaksanakan. Entah pada September 2013 seperti disinyalkan oleh Istana Negara atau Januari 2014 sesuai masa pensiun Kapolri lama.

“Tentunya terserah presiden,” singkat Edi.

Saat disinggung siapa saja mereka yang direkomendasikan ke presiden, Edi mengaku tidak bisa menyebutkan.

“Minimal empat nama. Soal siapa-siapa belum bisa kami sampaikan. Biar Menkopolhukam saja yang sampaikan kepada publik,” pungkasnya

Dari kabar yang beredar, ada beberapa nama jenderal bintang dua dan tiga yang dinilai sebagai kandidat kuat untuk dipertimbangan Presiden. Mereka adalah Kepala Badan Narkotika Nasional Komjen Anang Iskandar, Kepala Bareskrim Komjen Sutarman, Kepala Baharkam Komjen Badrodin Haiti. Ada juga Kapolda Metro Jaya Irjen Putut Eko Bayuseno. [ald]

Print Friendly
Pos Metro Batam adalah sebuah surat kabar harian yang terbit di Kepulauan Riau, Indonesia. Surat kabar ini termasuk dalam grup Jawa Pos. Kantor pusatnya terletak di kota Batam. Koran ini pertama kali terbit tahun 2000.