Posmetro Batam Edisi:
Oleh
Fokus Berita:

Ahmad Hasan, Calon Legislatif DPRD Kepri



Apa yang akan dilakukan oleh Ahmad Hasan, Calon Legislatif nomor urut 2 untuk DPRD Provinsi Kepri Dapil Batam B;  Kecamatan Sekupang, Belakang Padang, Batuaji dan Sagulung dari Partai Bulan Bintang (PBB), tidak muluk-muluk.

Selain akan membela masyarakat Kota Batam umumnya dan Nusa Tenggara Timur (NTT) pada khususnya, ia merasa terpanggil untuk berjuang kepentingan masyarakat dalam Pemilu mendatang.

ahmad hasan caleg flores batamMenurut pria kelahiran Flores 14 Juli 1967 silam, yang kerap disapa Hasan ini, pada periode pemilihan Calon Legislatif tahun 2014 mendatang, ia merasa terpanggil dan tidak mau lagi menjadi penonton. Ia juga merasa selama ini banyaknya warga NTT di Kota Batam, namun tidak ada satupun yang duduk menjadi Legislatif di kantor DPRD untuk menyuarakan rintihan warga NTT selama ini. “Hati saya merasa terpanggil, makanya Pemilu kali ini saya akan ikut serta saat pesta demokrasi tahun depan,” ujarnya.

Menurutnya selama ini, banyak orang yang meraup suara melalui warga NTT untuk duduk sebagai wakil rakyat. Tetapi ketika saudara-saudara dan anak-anak dari NTT tertimpah masalah, si wakil rakyat entah keman. Namun pemilihan kali ini ia tidak mau kehilangan suara warga NTT dan ia juga akan berjanji kelak akan menyuarakan apa yang dirasakan warga NTT. “Kedepannya bukan lagi warga NTT yang membutuhkan, tapi warga NTT yang akan dibutuhkan,” ujarnya. Ingin tau lebih dalam lagi tentang Ahmad Hasan, soal sejarah hidupnya, hingga visi dan misinya dalam berpolitik? Berikutlah wawancara khusus wartawan POSMETRO, Tommy Purniawan bersama Hasan, belum lama ini.

Mengapa Anda memilih PBB, untuk mencapai karir politik?
Saya memilih PBB sejak tahun 1999 lalu oleh Prof.DR.Yusril Ihza Mahendra SH.MH.MSc. Saya langsung jatuh hati terhadap partai tersebut. Karena ada misi dan visinya yang sangat jelas; meneggakkan keadilan dan kepastian hukum buat masyarakat Indonesia yang membutuhkan. Artinya hukum yang sebenarnya, membela yang hak dan melawan yang batil. Ini sesuai dengan cita-cita almahrum ayah saya ketika itu partai masih bernama Masumi, maka saya merasa terpanggil untuk bergabung dengan partai PBB.

Sejak awalnya didirikan partai PBB hingga saat ini, partai PBB mempunyai tujuan awal untuk menegakan syariat Islam. Selang berjalan waktu dan munculah filosofi partai yang lebih menyentuh ke masyarakat yang majemuk dan beraneka ragam suku dan agama. Ditambah lagi dengan figur bapak Prof.DR Yusril yang selama ini selalu membela kepetingan rakyat melalui penegakkan hukum yang nyata. Maka lahirlah filosofi itu ‘Tegakkan keadilan dan kepedulian hukum, serta mewujudkan kesejahteraan rakyat’. Makanya saya merasa nyaman dan bergabung bersama PBB dari awal berdiri sampai dengan saat ini.

Sejak bergabung dengan PBB belasan tahun lalu, mengapa baru sekarang anda menjadi Caleg.?
Saya melihat momen tahun ini sangatlah penting, karena selain saya merasa terpanggil dan banyaknya kasus yang menimpa warga NTT di Batam dan selalu tidak ada penyelesaian yang memuaskan, makanya saya terpanggil dan turut andil saat pemilu kali ini. Jika saya duduk maka akan saya bela warga NTT atau warga manapun, terutama masyarakat yang membutuhkan kepastian hukum.

Seberapa yakin Anda maju menuju DPRD Kepri dengan Dapil yang Anda pilih?
Politik adalah tawar menawar dan mengapa saya mengambil Dapil Batam B, karena saya melihat di Dapil saya ini, sesuai dengan domisili tempat tinggal saya di wilayah tersebut. Dan banyak warga masyarakat yang di luar NTT pun udah banyak saya kenal selama ini dengan baik, ditambah warga masyarakat NTT yang berdomisili di hampir ke empat wilayah.Sagulung, Batu Aji, Sekupang dan Belakang Padang, makanya itu menjadi pertimbangan saya saat memilih Dapil mana yang akan saya pilih. Tetapi nantinya kembali kepada masyarakat, karena masyarakatlah yang mempunyai pilihan, siapa yang akan dipilih nantinya.

Apa saja yang sudah Anda lakukan.?
Selama ini, saya sudah melakukan pendekatan ke beberapa keluarga besar dan warga NTT yang ada di Kota Batam. Saya juga sudah sering melakukan pertemuan. Baik dengan cara adat dan juga makan bersama ala kampung. Dan hal pendekatan ini bukan saat pemilu kali ini saja saya lakukan, tapi saya selama ini sering melakukan pertemuan sesama warga NTT, tidak hanya dengan warga NTT saja melakukan hal tersebut, namun bersama warga selain warga NTT juga demikian. Karena menjalin silaturahmi itu sangatlah penting.

Selain warga NTT, darimana lagi dukungan yang Anda yakini bisa membawa Anda ke kursi dewan?
Saya ini sudah sangat banyak tergabung dengan beberapa organisasi yang saya ikuti, maka saya juga merangkul selain warga NTT dan banyak warga lain yang juga akan mendukung saya. Karena selama ini saya menjaga dan memupuk tali silaturahmi, saat ini berjalan dengan baik dan saya juga diterima banyak kalangan. Bahkan warga lain juga mendukung saya.

Bagaimana dengan keluarga Anda?
Dari keluarga besar saya, saya sudah mendapatkan restu bahkan keluarga saya sendiri, namun awalnya memang keluarga saya merasa keberatan. Setelah saya memberikan pemahaman dan saya sampaikan juga kalau perjuangan saya buat orang banyak, akhirnya keluarga saya memaklumi dan mendukung penuh.

Bagaimana membagi waktu anda dengan keluarga.?
Saya menyampaikan ke keluarga saya, kalau Pemilu Caleg ini adalah momentum dan diadakannya lima tahun sekali, makanya saya harus bisa membagi waktu untuk masyarakat dan keluarga. Mereka (Keluarga) juga memaklumi, insyaallah tidak ada komplain dari keluarga.

Apa halangan atau hambatan Anda selama ini.?
Sejak saat mau maju menjadi calon legislatif, awalnya saja istri dan anak-anak saya yang sempat keberatan, tapi saat ini sudah tidak ada lagi halangan. Bahkan mereka mendukung kerja saya sampai hari ini dan semua lini sudah sangat mendukung.

Jika anda terpilih nanti, apa langkah awal yang Anda lakukan.?
Jika saya terpilih, langkah awal yang akan saya lakukan adalah bersilaturami ke keluarga, tim sukses dan warga NTT. Jika perlu pesta semalam suntuk ala NTT akan saya lakukan. Mudah-mudahan niat saya maju menjadi caleg dan mengucapkan terima kasih kepada yang mendukung saya. Saya akan berbuat untuk warga NTT dan juga suku lain, tidak memandang yang lemah atau mapan, kedepannya bukan lagi warga NTT yang membutuhkan, tapi warga NTT yang akan dibutuhkan.

Saatnya warga NTT Bangkit, ini momen tepat untuk warga NTT maju di bangku legislatif, karena selama ini warga NTT hanya menjadi penonton, bukan menjadi pemain. Bekerja dengan hati insaallah tidak lupa budi dan berjuang dengan sepenuh hati sebagai pengabdian terhadap masyarakat yang hakiki.

Saya harus perjuangkan apa yang menjadi kepetingan masyarakat dan akan suarakan sesuai dengan amanah yang masyarakat titipkan kepada saya,yang penting niat baik dan keikhlasan kita untuk bekerja insa Allah mendapa ridho dari Allah yang Maha Besar . . Saya juga akan menyerap, menampung dan akan menyampaikan apa yang menjadi keluhan masyarakat. Intinya kita harus ikhlas saat bekerja.***

BIODATA AHMAD HASAN

Nama : Ahmad Hasan
Tempat Tanggal Lahir : 14 Juli 1967 Flores, Lembata
Pekerjaan : Wiraswasta (Jasa tenaga kerja)
Nama Istri : Maryam Hasan (45)
Nama Anak :

1. Dewi Hasan (23) Pegawai Bank BNI, Tanjung Uban
2. Debi Hasan (19) Mahasiswi Universitas Unisba Kedokteran Bandung
3. Lia Hasan (15) Smansa 1 Sekupang,

Organisasi Yang Pernah Diikuti:
1. Ketua paguyuban keluarga lembata Kekal Batam 2011-2015
2. Ketua Organisai Ikatan Jasa Pelabuhan Batam center (Ijapel) 2011-2015
3. Ketua Lembaga LP2TRI 2012-2015
4. Penasehat ikatan Jasa keimigrasian (Ipjakim) Batam 2012-2015
5. Kepala Media Sindo sinar indonesia 2010-Sekarang

Kesan pesan beberapa tokoh masyarakat warga NTT terhadap Ahmad Hasan.
Menurut Datok Abdul Gani, sosok Ahmad Hasan dimata warga NTT, beliau mempunyai kesolidan dan sangat peduli kepada warga NTT, serta punya peradabannya juga sangat besar. Sementara menurut tokoh masyarakat lainnya, Ilyas, Hasan merupakan orang yang sangat baik dan loyalitas terhadap waktu serta jiwa sosialnya sangat tinggi.

Print Friendly
Install Aplikasi Posmetro Android di Gadgetmu
Android app on Google Play
Berita Terkait ""
Powered By Izulthea | Mulai online 03/02/2013 | Posmetro Batam tidak bertanggungjawab atas isi dari situs internet pihak luar